Burung Kicauan (1): Pendahuluan

Burung kicauan atau burung ocehan merupakan keunikan tersendiri dari sekian banyak dunia satwa. Sesuai namanya, sudah pasti burung kicauan dinikmati karena suaranya yang menarik. Berbagai jenis burung dengan bermacam-macam suara dan variasi iramanya membuat penikmat lantunan suara burung ini jatuh hati. Tak heran, para penggemar atau penikmat kicauan burung atau yang terkenal dengan sebutan kicau mania, berlomba-lomba mengoleksi dan memelihara burung ocehan ini. Tidak sampai di situ, para kicau mania membuat komunitas-komunitas untuk menyalurkan hobi sekaligus silaturrohmi antar pecinta suara burung kicauan ini. Komunitas kicau mania sudah tersebar mulai dari perkotaan sampai pedesaan yang jauh dari keramaian. Orang-orang yang tergabung dalam komunitas kicau mania pun bermacam-macam, mulai dari masyarakat kelas bawah, pejabat negara, sampai pengusaha kelas kakap. Jika sudah  berkumpul, para kicau mania saling memperdengarkan suara merdu burung klangenan mereka masing-masing.

Selain dinikmati suaranya, keunikan suara burung kicauan ternyata menjadi salah satu keunggulan yang layak untuk dilombakan atau dikoteskan. Di arena kontes, masing-masing burung kicauan saling beradu senjata andalan mereka. Suara merdu dengan berbagai variasinya dikeluarkan untuk menunjukkan mereka. Pemandangan seperti ini, tentunya memberikan kepuasan tersendiri bagi para kicau mania, apalagi jika burung peliharaannya dapat menjadi jawara kontes tersebut.

Hal lain yang membuat burung kicauan memiliki banyak penggemar setia adalah nilai jual seekor burung kicauan. Burung dengan ukuran tidak lebih dari kepalan tangan anak kecil, harganya bisa sangat mahal, apalagi jika sudah beberapa kali memenangkan kontes, harganya bahkan bisa seharga mobil baru. Ibarat barang antik, harganya burung kicauan tidak memiliki batasan pasti (unlimited).

Bagi pemilik setia burung kicauan, burung tidak hanya dipelihara karena daya Tarik suaranya saja. Lebih dari itu, derajat pemilik dapat terangkat jika burung kicauan peliharaannya masuk kategori burung unggulan kontes. Apalagi jika burung peliharaannya berkali-kali menjadi jawara kontes, akan dapat melambungkan nama pemiliknya dalam komunitas burung berkicau.

Dari sekian banyak kicau mania yang mendapatkan kebahagiaan dan kesuksesan, ternyata ada beberapa yang belum dapat mendapatkan hal tersebut misalnya burung tidak dapat dimaksimalkan potensinya, burung tidak kunjung mendapatkan juara di arena kontes, atau pemeliharaan burung yang membuat kantong menjadi kempes. Tentunya, itu tidak diharapkan oleh para kicau mania dan tentunya pasti ada solusinya.

Dalam artikel ini, kami mencoba memberi gambaran bagaimana karakter burung, cara pemeliharaan, perawatan harian, nutrisi, suplemen burung / vitamin burung, sampai persiapan sebelum menuju kontes. Dari sekian banyak burung kicauan, beberapa burung yang paling menjadi buruan para kicau mania seperti murai batu, kacer, cucakrawa, cucak ijo, cucak jenggot, kenari, anis merah, anis kembang, lovebird, toet, dan berbagai jenis burung kicauan yang lain akan coba kami ulas dalam tulisan kami.


Info Produk:

RoyalBird PS  RoyalBird PB

RoyalBird PB (Pemakan Biji) merupakan suplemen khusus untuk burung pemakan biji-bijian dengan komposisi kompleks seperti vitamin, mineral(makro, mikro, trace), prebiotik, asam amino, asam organik, antioksidan, enzim, nukleotida, dan plant sterol. Formulasi bahan pilihan yang tepat menghasilkan suplemen berkualitas untuk meningkatkan performa burung.

Suplemen burung kicauan RoyalBird PS (Pemakan Serangga) merupakan suplemen khusus untuk burung pemakan serangga (murai batu, anis merah, cucak rowo, jalak suren, kacer, dll) dan RoyalBird PB (Pemakan Biji) merupakan suplemen khusus untuk burung pemakan biji-bijian (kenari, gelatik, blackthroat, branjangan, heder sanger, perkutut, lovebird, dll). Suplemen burung Royal Bird memiliki komposisi kompleks seperti vitamin, mineral (makro, mikro, trace), prebiotik, asam amino, asam organik, antioksidan, enzim, nukleotida, dan plant sterol. Formulasi bahan pilihan yang tepat menghasilkan suplemen berkualitas untuk meningkatkan performa burung.

Manfaat:

  • Meningkatkan kesehatan
  • Mencegah stres dan penyakit
  • Menjaga kerja fisiologis tubuh
  • Meningkatkan performa burung (rajin berkicau, suara nyaring, bulu halus dan mengkilap)

Katalog produk peternakan dan info selengkapnya klik link berikut ROYAL BIRD PS – Suplemen Burung Pemakan Serangga

Katalog produk peternakan dan info selengkapnya klik link berikut ROYAL BIRD PB – Suplemen Burung Pemakan Biji

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *