Penyebab Bau Kandang

Bau kandang (bau kotoran kandang) menjadi salah satu hal yang menjadi pikiran para peternak. Bagaimana tidak, bau kandang dapat menjadi salah satu penyebab masalah sosial, khususnya di daerah kandang yang dekat dengan hunian/perumahan. Beberapa peternakan ditutup atau terancam ditutup karena masalah bau kandang memicu ketidaknyamanan masyarakat sekitar sepertu bau yang tidak sedap, banyaknya lalat, dsb.

Sumber gambar: https://tadrosdental.com/wp-content/uploads/2015/07/bad-odor-coming-from-my-crown.jpg

Tidak ada kotoran atau kandang yang tidak berbau, tetapi ada batasnya. Untuk itu, banyak orang maupun perusahaan yang berlomba-lomba mencari solusi mengatasi bau kandang ini. Kebanyakan produk anti bau kandang biasanya diaplikasikan langsung pada kotoran, bisa dengan disemprot, ditabur, atau dengan cara lain. Apakah dengan cara tersebut sudah cukup dapat mengatasi masalah bau kotoran ini? Secara eksternal (masalah bau) bisa juga berhasil.

Sebenarnya, apa sih penyebab bau kotoran yang terlalu menyengat? Sesungguhnya masalah bau kandang sumbernya adalah dari dalam saluran pencernaan ternak sendiri (misal unggas: ayam, bebek, puyuh, dll). Secara sederhana, masalah bau kandang berawal dari pencernaan dan penyerapan pakan yang tidak sempurna. Banyaknya pakan yang tidak tercerna, khususnya protein (yang mengandung nitrogen), menyebabkan beberapa hal yang merugikan. Fermentasi bahan yang mengandung N (nitrogen) seperti protein menghasilkan amonia (ammonia) yang merupakan sumber dari bau kotoran ini. Jadi, semakin banyak pakan yang tidak tercerna dan diserap, khususnya protein, menyebabkan semakin banyak pula amoniak (ammonia) yang dihasilkan. Akibatnya, semakin bau pula kotoran ternak (misal unggas: ayam, bebek, puyuh, dll). Selain itu, produksi amoniak (ammonia) menyebabkan meningkatnya pH pada saluran pencernaan sehingga menjadi tempat yang cocok untuk pertumbuhan bakteri-bakteri merugikan (patogen). Akibatnya, akan terjadi berbagai masalah khususnya dalam saluran pencernaan.

Untuk itu, yang paling penting dilakukan untuk mencegah bau kandang yang terlalu menyengat adalah dengan menjaga kesehatan saluran pencernaan ternak (misal unggas: ayam, bebek, puyuh, dll). Menjaga kesehatan saluran pencernaan bisa dilakukan dengan berbagai cara misalnya menjaga kualitas air minum, pakan, dan kondisi tempat tinggal ternak. Selain itu, perlu juga penambahan suplemen yang berfungsi untuk menjaga saluran pencernaan seperti probiotik, prebiotik, dan suplemen ternak yang lain.

Penanggulangan bau kandang yang terlalu menyengat bisa dilakukan menggunakan produk-produk anti bau kandang yang banyak terdapat di toko-toko peternakan. Ada banyak jenis dan aplikasinya seperti ada yang disemprot atau ditabur pada kotoran ternak. Yang penting dalam memilih produk anti bau kandang adalah dipilih yang aman untuk manusia, ternak, dan ramah lingkungan agar penggunaan produk anti bau kandang tidak menimbulkan masalah baru seperti resistensi penyakit, masalah lingkungan, gangguan pada hewan dan manusia, dan efek-efek negatif lainnya.


Info Produk:

Eco-Farm adalah desinfektan & penghilang bau organik yang dibuat dari asap cair sekam padi yang diproses ulang menggunakan pengoksida klorin. Eco-Farm membunuh bibit penyakit & menghilangkan bau dengan cepat, tidak meninggalkan bekas noda, tidak lengket, aman serta ramah lingkungan.

Eco-Farm disarankan digunakan untuk pencegahan penyakit dan peredam bau pada limbah peternakan. Eco-Farm cocok digunakan pada peternakan unggas (ayam, bebek / itik, puyuh, kalkun, merpati, dll), peternakan hewan besar (sapi, kambing, domba, kuda, dll), peternakan hewan kecil (kelinci, marmut, dll), kebun binatang, dan sebagainya.

EcoFarm

Manfaat

  • Membunuh mikroorganisme/bibit penyakit yang merugikan
  • Membunuh larva serangga
  • Meredam / menghilangkan bau kotoran, limbah, sampah, dll

Aplikasi

  1. Larutkan 10-30 ml Eco-Farm per liter air (disarankan dari dosis paling rendah)
  2. Semprotkan pada sumber bau, seperti: kotoran, limbah, sampah, dll.
  3. Penyemprotan dilakukan setiap 5 hari atau sesuai kebutuhan.

Katalog produk peternakan dan info selengkapnya klik link berikut ECO FARM – Anti Bau Kandang

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *