Ternak Ayam Broiler / Pedaging (4): Masa Brooding

Masa brooding atau bisa disebut dengan masa indukan pada ayam broiler / pedaging adalah periode pemeliharaan dari chick in DOC sampai umur 14 hari atau sampai pemanas tidak digunakan, tetapi itu tidak mutlak, tergantung kondisi lingkungan dan cuaca saat masa brooding.

Masa brooding dapat diibaratkan sebagai pondasi dalam pemeliharaan ayam broiler / pedaging. Pondasi yang baik dan kuat akan menghasilkan konstruksi yang kokoh. Keberhasilan pemeliharaan selama masa brooding akan menghasilkan pondasi yang kuat sehingga mendukung tercapainya performa serta target pemeliharaan ayam broiler ayam broiler yang diharapkan.

Sumber gambar: http://trobos.com/images/artikel/nov%2012/Manajemen%20Unggas%20copy.gif

 

Arti Penting Masa Brooding

Sebagai pondasi, masa brooding merupakan masa yang sangat penting pada pemeliharaan ayam broiler / pedaging karena beberapa alasan berikut:

1. Masa kritis: masa brooding merupakan masa penyesuaian di mana ayam memulai hidup dengan lingkungan yang baru.

2. Masa awal perkembangan: di masa brooding organ-organ penting pada tubuh ayam memulai masa perkembangan yang sangat cepat.

3. Masa menentukan: baik tidaknya hasil yang dicapai pada masa brooding ini sangat mempengaruhi hasil akhir yang akan dicapai

 

Feed Intake (Asupan Pakan) pada Masa Brooding

Feed intake merupakan faktor kunci untuk mencapai target berat badan (body weight). Ibarat membuat kue, besar kecilnya kue sangat ditentukan oleh seberapa banyak bahan baku yang digunakan. Keberhasilan target feed intake sangat dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu, kualitas pakan, kualitas DOC, dan manajemen brooding.

Pencapaian target feed intake sangat ditentukan oleh saat awal ayam mulai mengenal pakan, semakin cepat ayam mengonsumsi pakan semakin cepat pula organ-organ pencernaan dan organ dalam lainnnya berkembang, sehingga target berat badan (body weight) cepat tercapai. Semakin cepat DOC mendapatkan pakan akan semakin baik karena:

– semakin cepat ayam mendapatkan pakan, semakin panjang dan berat ukuran usus halusnya, semakin tebal, dan diameter semakin besar

– semakin cepat ayam mendapatkan pakan, secara histologi menunjukkan bahwa jumlah sel yang terbentuk akan lebih banyak dan lebih rapat, dibanding dengan ayam-ayam yang terlambat mendapat pakan (penelitian dari Aviagen)

– semakin cepat ayam mendapat makan semakin cepat yolk sac (kuning telur) diserap

 

Crop Fill Evaluation (Evaluasi Isi Tembolok)

Untuk melihat apakah ayam dari awal sudah mendapatkan pakan secara cukup atau belum dapat dilakukan crop fill evaluation atau evaluasi isi tembolok. Evaluasi ini dilakukan selama 8 jam dan 24 jam setelah ayam ditebar.

Setelah 8 jam ditebar 80 % tembolok berisi pakan dan air

Setelah 12 jam ditebar, 100 % tembolok berisi pakan dan air

Berikut indikator crop fill evaluation:

  • Konsistensi yang bagus adalah seperti lumpur.
  • Apabila terlalu keras, berarti ayam kurang minum, amati temperatur (dingin) dan ketersediaan air minum.
  • Apabila terlalu encer berarti ayam kurang makan, amati temperatur (panas) dan ketersediaan pakan.
  • Apabila hanya berisi air saja, kemungkinan temperatur terlalu panas.
  • Apabila tembolok banyak yang kosong (terlalu dingin), amati situasi brooding secara menyeluruh.

 

Body Weight (Berat Badan)

Body weight (berat badan) merupakan indikator utama, apakah ayam yang dipelihara tumbuh optimal atau tidak. Tercapainya target berat badan sangat berhubungan dengan perkembangan organ-organ penting pada tubuh, yaitu organ pencernaan, pernafasan, dan organ dalam lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa terjadi korelasi yang positif antara berat badan dengan panjang dan diameter usus. Semakin panjang dan semakin besar diameter usus berarti luas area untuk penyerapan (absorbsi) nutrisi akan semakin besar, sehingga jumlah makanan yang bisa diserap semakin banyak. Berat badan juga berkaitan dengan jumlah dan kerapatan sel-sel saluran pencernaan yang hal ini berkaitan dengan proses metabolisme dan menurunkan resiko infeksi melalui usus. Demikian juga paru-paru. Semakin besar ukuran paru-paru berarti semakin banyak jumlah sel-sel alveoli sehingga kapasitas oksigen semakin besar dan kemampuan oksidasi ayam semakin baik.


Info Produk

Untuk meningkatkan produktivitas, performa, penyerapan nutrisi, kesehatan, sistem kekebalan tubuh, dll perlu pemberian suplemen nutrisi untuk anak ayam atau DOC. Royal Poultry adalah produk suplemen nutrisi untuk unggas seperti ayam broiler, ayam petelur (layer), bebek / itik, puyuh, ayam kampung super / ayam jawa super, kalkun, merpati, serta unggas yang lain. Produk ini mengandung nutrisi kompleks seperti vitamin, mineral, trace mineral, enzim, asam organik (organic acids), antioksidan, prebiotik mannan oligosaccharide(MOS), beta glucan, dan komposisi lain yang diformulasikan dalam komposisi yang seimbang sesuai standar yang berlaku. Produk ini menggunakan teknologi CAnDS (Chelate Activated Nutrient Delivery System) sebagai Nutrition Delivery System atau sistem pengedaran nutrisi yang akan meningkatkan penyerapan nutrisi tersebut sampai 80%. Komposisi seperti vitamin A, C, D, E, B6, dan folat (folate), zinc (seng), selenium, iron (besi), dan copper (tembaga), prebiotik, asam organik, dll terdapat dalam produk ini untuk meningkatkan kesehatan DOC.

 

Manfaat

Dengan komposisi yang lengkap, ROYAL POULTRY akan memberikan banyak manfaat untuk ayam broiler / ayam pedaging:

Secara Umum:

  • Mempercepat pertumbuhan unggas.
  • Meningkatkan efisiensi penggunaan pakan (konversi pakan lebih baik) sehingga dapat menurunkan FCR.
  • Meningkatkan produktivitas unggas (unggas pedaging, unggas petelur)
  • Meningkatkan daya tahan terhadap penyakit dan stress lingkungan sehingga dapat menurunkan angka kematian.

Untuk Bibit Ayam atau DOC (Day old Chick):

  • Mempercepat pertumbuhan bibit
  • Meningkatkan daya tahan terhadap penyakit dan stress lingkungan sehingga dapat menurunkan angka kematian.

Untuk Induk Ayam:

  • Meningkatkan kualitas telur yang dihasilkan
  • Meningkatkan dan menjaga stabilitas produksi telur

Katalog produk peternakan dan info selengkapnya klik link berikut ROYAL POULTRY.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *