Ternak Ayam Broiler / Pedaging (7): Periode Finisher

Periode finisher ayam broiler / ayam pedaging adalah masa akhir pemeliharaan ayam broiler / pedaging. Periode finisher ayam broiler /pedaging berlangsung sejak umur 3 minggu sampai panen. Pada periode ini, ayam broiler / pedaging harus tercukupi kebutuhannya agar dapat mencapai target pemeliharaan ayam broiler. Hal-hal negatif sekecil mungkin harus dihindari. Hal negatif yang biasa terjadi pada periode finisher misalnya stres, heat stress, kurang ventilasi, kepadatan terlalu tinggi, kotoran, bau kandang, penyakit, dll.

 

A. PAKAN DAN AIR MINUM

1. Penggantian pakan ayam broiler , pedaging dari periode dari starter ke finisher  harus dilakukan secara bertahap. Jika penggantian pakan dilakukan langsung seluruhnya menggunakan pakan finisher, maka nafsu makan ayam akan turun dan dikhawatirkan dapat menghambat pertumbuhan ayam broiler / pedaging. Urutan penggantian pakan dapat dilakukan dengan urutan sebagai berikut:

– Hari 1 penggantian: (¾ starter + ¼ finisher)

– Hari 2 penggantian: (½ starter + ½ finisher)

– Hari 3 penggantian: (¼ starter + ¾ finisher)

– Hari 4 penggantian: semua pakan finisher

2. Pada daerah beriklim panas, pakan diberikan saat suhu udara tidak terlalu panas (misalnya saat pagi dan sore hari). Pakan diberikan minimal 2 kali sehari dengan perbandingan 40% pagi hari dan 60% sore hari. Jika tengah malam pakan masih kurang, bisa ditambah.

3. Pada siang hari, tempat pakan bisa dinaikkan untuk menambah ruang gerak ayam sehingga dapat mengurangi panas.

4. Untuk meningkatkan feed intake di malam hari, perlu dilakukan upaya membangunkan ayam minimal 5 kali dalam semalam.

5. Jumlah dan rasio tempat pakan dan minum ayam broiler harus dipastikan terpenuhi.

Lebar

Kandang

Jumlah Lajur

Lajur

Tempat Pakan

Tempat Minum

5 – 7 m

4 lajur 4 lajur 4 lajur
8 – 10 m 5 lajur 5 lajur

5 lajur

 
 B. KEPADATAN AYAM

Kepadatan ayam broiler / pedaging disesuaikan kondisi iklim, jenis kandang. dan berat panen.

 

C. PENCAHAYAAN

Cahaya harus cukup merata dan terang. Sebagai antisipasi agar ayam broiler / pedaging tidak panik yang bisa berakibat mati “menumpuk”, maka perlu dibuat situasi gelap ½ sampai 1 jam setiap harinya.

 

D. PEMANAS DAN LITTER

Ayam broiler pada periode finisher sudah tidak menggunakan pemanas. Untuk menyiasati suhu kandang yang dingin pada waktu malam hari atau waktu cuaca dingin, maka tirai samping harus ditutup rapat. Pemanas sudah tidak diperlukan lagi karena bulu ayam sudah lebat.

Pada kandang panggung, pada periode finisher biasanya litter sudah tidak digunakan karena kotoran ayam dibiarkan jatuh ke bawah kandang. Pada kandang postal / lantai dan double deck, setelah umur 25 hari litter cukup ditabur dan diambil yang menggumpal saja. Penggantian litter dilakukan secara perlahan-lahan dan hati-hati agar ayam tidak stres. Litter yang digunakan untuk penggantian sangat disarankan didesinfeksi terlebih dahulu agar tidak membawa bibit penyakit. Berikut tahapan penggantian litter.

 

 

E. PANEN AYAM BROILER

Sebelum ayam dipanen, dilakukan pengosongan/pengangkatan tempat pakan, tetapi air minum tetap diberikan untuk mencegah hilangnya berat badan akibat dehidrasi. Disarankan memberikan air gula 5% apabila jarak kandang dan tujuan lebih dari 100 km atau perjalanan lebih dari 3 jam untuk mengurangi penyusutan berat badan.

Sebisa mungkin dihindari penangkapan ayam pada saat suhu udara sangat panas. Penangkapan ayam harus dilakukan secara hati-hati. Ayam ditangkap pada bagian bawah kaki untuk menghindari memar pada dada dan paha. Untuk mencegah patah tulang kaki karena meronta dan gerakan sayap, dipegang erat-erat pada persendian bawah. Ayam yang belum terpanen harus tetap dirawat dengan baik.


Info Produk

Untuk meningkatkan produktivitas, performa, penyerapan nutrisi, kesehatan, sistem kekebalan tubuh, dll perlu pemberian suplemen nutrisi untuk anak ayam atau DOC. Royal Poultry adalah produk suplemen nutrisi untuk unggas seperti ayam broiler, ayam petelur (layer), bebek / itik, puyuh, ayam kampung super / ayam jawa super, kalkun, merpati, serta unggas yang lain. Produk ini mengandung nutrisi kompleks seperti vitamin, mineral, trace mineral, enzim, asam organik (organic acids), antioksidan, prebiotik mannan oligosaccharide(MOS), beta glucan, dan komposisi lain yang diformulasikan dalam komposisi yang seimbang sesuai standar yang berlaku. Produk ini menggunakan teknologi CAnDS (Chelate Activated Nutrient Delivery System) sebagai Nutrition Delivery System atau sistem pengedaran nutrisi yang akan meningkatkan penyerapan nutrisi tersebut sampai 80%. Komposisi seperti vitamin A, C, D, E, B6, dan folat (folate), zinc (seng), selenium, iron (besi), dan copper (tembaga), prebiotik, asam organik, dll terdapat dalam produk ini untuk meningkatkan kesehatan DOC.

 

Manfaat

Dengan komposisi yang lengkap, ROYAL POULTRY akan memberikan banyak manfaat untuk ayam broiler / ayam pedaging:

Secara Umum:

  • Mempercepat pertumbuhan unggas.
  • Meningkatkan efisiensi penggunaan pakan (konversi pakan lebih baik) sehingga dapat menurunkan FCR.
  • Meningkatkan produktivitas unggas (unggas pedaging, unggas petelur)
  • Meningkatkan daya tahan terhadap penyakit dan stress lingkungan sehingga dapat menurunkan angka kematian.

Untuk Bibit Ayam atau DOC (Day old Chick):

  • Mempercepat pertumbuhan bibit
  • Meningkatkan daya tahan terhadap penyakit dan stress lingkungan sehingga dapat menurunkan angka kematian.

Untuk Induk Ayam:

  • Meningkatkan kualitas telur yang dihasilkan
  • Meningkatkan dan menjaga stabilitas produksi telur

Katalog produk peternakan dan info selengkapnya klik link berikut ROYAL POULTRY.

IMMUNO-FORTE merupakan produk prebiotik (prebiotic). Imuno Forte merupakan kombinasi 3 komponen pertahanan (mannan oligosaccharides, beta glucans, dan chitosan) yang diperlukan unggas dan burung untuk meningkatkan respon imun (kekebalan), meningkatkan ketahanan terhadap beberapa agen patogen dan mikotoksin, serta menjaga kesehatan saluran pencernaan. Immuno Forte cocok digunakan pada peternakan dengan riwayat kasus cukup tinggi maupun sebagai pencegahan terhadap masuknya penyakit. Untuk detail produk klik link berikut IMMUNO FORTE.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *