Ternak Bebek / Itik (11): Jenis Kandang Bebek / Itik Berdasarkan Fungsinya

Jenis kandang bebek / itik berdasarkan fungsinya dikelompokkan menjadi 3 jenis yaitu kandang starter (bebek / itik umur 1 – 4 minggu), kandang grower (bebek / itik umur 5 – 22 minggu), dan kandang layer (bebek / itik umur lebih dari 22 minggu).

Kandang starter

Kandang starter dipersiapkan untuk bebek / itik yang baru menetas atau DOD (day old duck) sampai berumur 4 minggu. Pada masa ini anak bebek / itik masih belum mampu beradaptasi dengan baik dengan lingkungan khususnya pada masa kritis yaitu pada umur 1 hari sampai 2 minggu pertama. Oleh karena itu, kandang starter harus dibuat agar bisa memberikan perlindungan dan kenyamanan anak bebek / itik. Beberapa persyaratan kandang starter yang baik di antaranya:

1. Kandang agak tertutup agar bisa menahan hembusan angin

2. Ventilasi udara cukup

3. Dilengkapi dengan alat pemanas agar suhu tubuh anak bebek / itik dapat tetap hangat

DOD yang baru menetas hingga berumur sekitar 8 hari dapat dipelihara di dalam kandang starter berbentuk box/kotak yang mampu menampung hingga 50 ekor DOD. Kandang ini dapat  dibuat dari bambu atau papan dengan lantai yang terbuka yang terbuat dari anyaman kawat atau strimin. Lantai yang terbuka/berlubang ini membuat kotoran bebek / itik langsung terbuang ke bawah sehingga bebek / itik selalu dalam kondisi bersih.

Kandang starter dapat juga berlantai tertutup dengan tambahan penyekat yang disesuaikan dengan ukuran kandang. Dengan adanya penyekat, kandang menjadi berpetak-petak sehingga mempermudah dalam pemeliharaan. Setiap petak dibagi menjadi 2 bagian, 1 bagian untuk tempat pakan dan minum, dan bagian yang lain untuk tempat istirahat. Pada tempat istirahat, bagian atas dilengkapi dengan lampu penerang dan dibuat tertutup dengan sedikit ventilasi agar ruangan dapat menjaga panas tubuh anak bebek / itik. Dengan demikian, kondisi ruangan dalam kandang tetap hangat sehingga tidak diperlukan lagi tambahan alat pemanas. Pada ruangan istirahat, lantai kandang diberi taburan sekam atau serbuk gergaji agar lantai tidak basah dan tidak lembab sehingga udara di dalam kandang lebih sehat, bulu bebek / itik tetap dalam kondisi kering, serta kondisi kandang tidak mudah untuk perkembangan penyakit.

Daya tampung kandang/petak harus disesuaikan dengan perkembangan umur bebek / itik. Kandang tidak boleh terlalu padat dan tempat pakan serta minum harus disesuaikan dengan jumlah dan umur itik. Kandang yang terlalu padat dapat menimbulkan beberapa masalah seperti:

1. Bebek / itik akan berdesak-desakan saat makan dan minum yang berakibat bebek / itik yang bertubuh kecil akan kalah bersaing sehingga menjadi semakin lemah. Bila kondisi ini terus berlanjut, bebek / itik yang kalah bersaing dapat mengalami kematian akibat kekurangan nutrisi.

2. Bebek / itik saling tindih saat istirahat sehingga itik yang lemah akan tertindih bebek / itik yang kuat yang berakibat mengalami sesak napas yang dapat berujung kematian.

3. Bebek / itik saling menyerang/mematuk atau disebut kanibal sehingga bisa menghambat pertumbuhan bulu.

 

Kandang grower

Pada masa grower (umur 5 – 22 minggu), bebek / itik sudah bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan. Kandang grower dapat dibuat model tertutup. Selain itu, kandang grower dapat juga dengan model dinding setengah terbuka yang dilengkapi halaman agak luas untuk bermain (model kandang ren). Hal ini diperlukan untuk membentuk tubuh bebek / itik dara yang ideal dan memiliki masa bertelur yang lebih lama. Petak-petak dalam kandang dibuat untuk memudahkan dalam pemeliharaan.

 

Kandang layer

Kandang layer (umur lebih dari 22 minggu) dibuat khusus untuk usaha bebek / itik petelur. Pada usaha bebek / itik potong atau pedaging, tidak dibutuhkan kandang layer karena masa panen biasanya dilakukan pada umur 6 – 8 minggu. Pada bebek / itik potong atau pedaging hanya dibutuhkan kandang starter dan kandang grower atau juga disebut kandang finisher. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan kandang layer antara lain:

1. Arah panjang bangunan kandang dari timur ke barat agar kedua sisi kandang mendapat sinar matahari merata dari pagi sampai sore

2. Kandang harus dapat membuat bebek / itik nyaman untuk bertelur

3. Jenis lantai mudah dibersihkan terutama pada petak istirahat

4. Ventilasi kandang harus cukup

5. Untuk selain kandang baterai, disediakan tempat untuk bertelur (sangkar bertelur), biasanya sangkar berukuran 30 x 40 x 15 cm dapat digunakan untuk 5 – 6 ekor bebek / itik. Pada kandang model ren, sangkar diletakkan di indoor (sebagai tempat istirahat dan bertelur).

 

Terdapat 3 jenis kandang layer yaitu kandang  baterai, kandang panggung, dan kandang lantai.

1. Kandang  baterai

Kandang baterai umumnya digunakan pada peternakan bebek / itik layer yang lebih modern dengan tujuan untuk meningkatkan produksi telur, menghasilkan telur yang lebih bersih, serta mempermudah dalam pemeliharaan, pemantauan, dan seleksi pengafkiran.

Kandang baterai bisa dibuat dari bambu, kayu, atau kawat ram. Contoh ukuran kandang baterai yaitu panjang 40 cm, lebar 30 cm, tinggi depan 55 cm, tinggi belakang 50 cm, tempat telur ditambah 12 cm (jadi panjang kandang 40 + 12 = 52 cm), serta ukuran pintu 30 x 40 cm pada bagian atas. Lebar rusuk bambu/kayu 3 cm jarak antar rusuk 3 cm kecuali rusuk pada tempat pakan dan minum jaraknya 5 cm. Untuk menghemat tempat, kandang baterai dapat dibuat susun tiga.

2. Kandang panggung

Kandang panggung biasanya dibuat pada tanah yang drainasenya kurang baik atau di tanah rawa. Dilihat dari sisi kebersihan, kandang panggung lebih baik karena udara tetap segar, tetapi biaya pembuatan kandang lebih mahal. Selain itu, konstruksi kandang yang tinggi membuat resiko terkena terpaan angin lebih tinggi.

Model kandang panggung bermacam-macam. Ada yang murni kandang panggung, ada juga model kombinasi kandang panggung pendek dengan halaman di tanah/lantai.

3. Kandang lantai

Pembuatan kandang lantai bisa dengan lantai tanah yang ditinggikan atau diplester semen. Model kandang lantai pun bermacam-macam. Ada yang atapnya dibuat tinggi dan ada juga yang dibuat atapnya rendah (jarak lantai dengan atap terendah hanya 60 – 70 cm). Pembuatan atap rendah biasanya karena biaya pembuatan kandang yang murah dan resiko terkena terpaan angin lebih kecil.


Info produk:

ROYAL POULTRY merupakan suplemen (supplement) unggas yang mengandung komposisi kompleks seperti mineralvitamin, antioksidan (antioxidant), asam organik (organic acids), enzim (plant based enzymes), nukleotida (nucleotides), mannan oligosaccharide (MOS), beta glucan, dan plant sterols. Formulasi ROYAL POULTRY yang tepat akan mengoptimalkan produksi, reproduksi, serta kesehatan unggas (ayam broiler, layer, ayam kampung super, bebek / itik, puyuh, merpati, kalkun).

Manfaat

Dengan komposisi yang lengkap, ROYAL POULTRY akan memberikan banyak manfaat untuk ternak bebek / itik:

Secara Umum:

  • Mempercepat pertumbuhan unggas.
  • Meningkatkan efisiensi penggunaan pakan (konversi pakan lebih baik) sehingga dapat menurunkan FCR.
  • Meningkatkan produktivitas unggas (unggas pedaging, unggas petelur)
  • Meningkatkan daya tahan terhadap penyakit dan stress lingkungan sehingga dapat menurunkan angka kematian.

Untuk Bibit Bebek / Itik atau DOD (Day old Duck):

  • Mempercepat pertumbuhan bibit
  • Meningkatkan daya tahan terhadap penyakit dan stress lingkungan sehingga dapat menurunkan angka kematian.

Untuk Induk Bebek / Itik:

  • Meningkatkan kualitas telur yang dihasilkan
  • Meningkatkan dan menjaga stabilitas produksi telur

Katalog produk peternakan dan info selengkapnya klik link berikut ROYAL POULTRY.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *