Ternak Bebek / Itik (14): Komponen Penting Kandang Bebek / Itik

Kandang bebek / itik perlu dibuat seideal mungkin agar bebek / itik yang tinggal di dalamnya selalu aman dan nyaman. Dengan begitu target produkivitas bebek / itik yang diharapkan dapat tercapai. Terdapat beberapa jenis kandang bebek / itik dan juga model kandang bebek / itik yang dapat digunakan menyesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran dana yang tersedia. Tetapi, tentunya dalam pembuatan kandang bebek / itik ada beberapa bagian atau komponen kandang yang perlu mendapat perhatian khusus karena fungsinya yang penting bagi keberlangsungan hidup bebek / itik dan menunjang produktivitas ternak. Berikut kami rincikan beberapa komponen kandang yang perlu diperhatikan.

Sumber gambar: http://www.harianindo.com/wp-content/uploads/2015/12/Kandang-Ranch-atau-Ren.jpg

 

1. Atap kandang

Atap kandang yang baik harus dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Adapu beberapa fungsi atap kandang adalah sebagai berikut:

– Sebagai pelindung: atap harus dapat melindungi bebek / itik dari berbagai kondisi lingkungan seperti hujan, cuaca, hewan pengganggu, dll.

– Sebagai tempat pertukaran udara: pada beberapa peternakan bebek / itik di mana atap juga difungsikan sebagai tempat pertukaran udara, biasanya dibuat atap tipe monitor (model 2 atap) agar sirkulasi udara lebih baik.

– Sebagai penyerap dan penghantar panas: perlu pemilihan jenis bahan atap yang baik dan terntunya disesuaikan dengan nilai ekonomis bahan tersebut.

Beberapa karakteristik bahan atap adalah sebagai berikut:

– Alang-alang, ijuk, dan rumbia: dapat membuat kandang menjadi sejuk, tetapi kurang tahan lama dan kurang dapat melindungi dari hujan deras dan angin yang kencang.

– Terpal: dapat melindungi dari panas dan hujan, tetapi kurang baik untuk melindungi dari angin yang kencang.

– Genteng: dapat melindungi kandang dari panas, hujan, angin kencang, serta dapat membuat kandang menjadi sejuk, tetapi membutuhkan penyokong atap yang kuat.

– Asbes: daya tahan lebih lama, tetapi daya serap panasnya tinggi.

– Seng: menyerap panas matahari sehingga suhu kandang menjadi lebih tinggi.

 

2. Lantai kandang

Lantai kandang harus dibuat sedemikian rupa sehingga mudah dibersihkan agar kotoran dan sisa pakan tidak menumpuk di lantai yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan serta berbagai penyakit. Selain itu, lantai kandang dibuat konstruksi yang dapat membuat bebek / itik dapat aman dan nyaman misalnya lantai kandang tidak membuat kaki bebek / itik luka, terperosok, dll. Lantai kandang bisa terbuat dari semen, bilah bambu, sekam, atau tanah. Beberapa prinsip penggunaan bahan lantai kandang adalah sebagai berikut:

– Bilah bambu: sebaiknya dilengkapi penampungan kotoran sehingga mengurangi kontak bebek / itik dengan kotorannya.

– Semen: dibuat sedikit miring agar air tidak mudah tergenang dan sebaiknya dibuat parit pembuangan air.

– Sekam: harus dibalik serta diganti secara rutin agar alas sekam tidak basah dan mengurangi bau kotoran bebek / itik.

 

3. Dinding Kandang

Dinding kandang berfungsi untuk melindungi bebek / itik di dalamnya dari cuaca, angin, hewan pengganggu, agen penyakit, dll, serta berfungsi sebagai pembatas untuk mencegah bebek / itik tidak berkeliaran. Bahan dinding dapat terbuat dari tembok, bilik bambu, atau bilah bambu.

 

4. Tempat pakan dan minum

Pemberian pakan dan minum pada bebek / itik dapat secara manual atau otomatis. Jumlah dan ukuran tempat pakan dan minum disesuaikan dengan jumlah bebek / itik dan umurnya.

Tempat pakan dapat terbuat dari kayu, bambu, atau plastik. Penempatan tempat pakan sebaiknya tidak terlalu jauh dengan tempat minum mengingat cara makan bebek / itik yang sering langsung minum ketika makan.

Tempat minum dapat menggunakan tempat minum seperti pada peternakan ayam ras, ember, atau bisa juga dengan wadah yang lain. Lubang tempat air minum sebaiknya dibuat sesuai dengan ukuran kepala bebek / itik agar hanya kepala saja yang dapat masuk sehingga bebek / itik tidak mencipratkan air dengan kaki atau tubuhnya. Tempat minum yang terlalu besar seperti kolam sering menjadi lokasi untuk bertelur sehingga banyak telur yang masuk kolam kemudian membusuk. Untuk itu, harus diamati gejala bebek / itik yang sudah masuk waktu bertelur untuk mendapatkan perlakuan yang tepat.

 

5. Penampung telur

Selain pada kandang baterai, sebaiknya disediakan sarang penampungan telur agar bebek / itik tidak bertelur di sembarang tempat yang dapat menyulitkan saat pengambilan telur serta dapat menyebabkan telur kotor dan rusak. Pada kandang sistem ren sarang tempat bertelur diletakkan di bagian indoor. Sarang dapat dibuat dari bambu atau kayu yang diberi alas jerami atau sekam. Ukuran sarang bertelur disesuaikan dengan kenyamanan bebek / itik saat bertelur. Biasanya sangkar berukuran 30 x 40 x 15 cm dapat digunakan untuk 5 – 6 ekor bebek / itik. Pada kandang  baterai, pengambilan telur lebih mudah dan telur lebih bersih karena sudah ada tempat penampungan telur.

 

6. Lampu

Lampu berfungsi sebagi sumber cahaya dan sumber panas. Lampu penting sebagai penerangan di malam hari agar bebek / itik dapat makan pada malam hari sehingga laju pertumbuhannya lebih cepat, khususnya saat anak bebek / itik masih kecil yang membutuhkan frekuensi makan yang lebih tinggi yaitu sekitar 5 -6 kali sehari. Selain itu, penggunaan lampu dapat lebih meningkatkan keamanan dan mencegah masuknya hewan liar.

 

7. Ventilasi

Ventilasi kandang berfungsi untuk menjaga kualitas udara sekaligus mengatur pertukaran udara dalam kandang. Pada dasarnya, ventilasi berfungsi mengatur keseimbangan kandungan oksigen dan karbondioksida dalam kandang. Pengaturan ventilasi dapat dilakukan dengan cara memasang tirai yang terbuat dari plastik, terpal, atau karung yang dijahit yang dibentangkan menutupi sisi kandang atau kotak DOD yang dapat dibuka dan ditutup sesuai kebutuhan. Pada peternakan bebek / itik yang sudah modern tentunya pengaturan ventilasi sudah menggunakan mesin secara otomatis.

 

8. Timbangan

Timbangan merupakan salah satu alat yang sangat penting dalam peternakan bebek / itik. Timbangan penting untuk mengetahui perkembangan bebek / itik selama pemeliharaan. Timbangan sangat dibutuhkan khususnya saat panen, baik saat panen telur maupun panen bebek / itik.

 

Bagian-bagian kandang lain juga tidak kalah pentingnya untuk dibuat sesuai standar di antaranya:

– bangunan tempat menyampur dan menyimpan bahan pakan,

– bangunan tempat menyimpan peralatan kandang, peralatan petugas, peralatan kesehatan

– bangunan untuk penyortiran dan pengemasan telur

– jalan yang menghubungkan antar kandang serta keluar masuk kandang

– bangunan pos jaga

– bangunan kantor (jika diperlukan)

– pagar batas

– saluran drainase

– instalasi air minum

– instalasi listrik

– alat transportasi


Info produk:

ROYAL POULTRY merupakan suplemen (supplement) unggas yang mengandung komposisi kompleks seperti mineralvitamin, antioksidan (antioxidant), asam organik (organic acids), enzim (plant based enzymes), nukleotida (nucleotides), mannan oligosaccharide (MOS), beta glucan, dan plant sterols. Formulasi ROYAL POULTRY yang tepat akan mengoptimalkan produksi, reproduksi, serta kesehatan unggas (ayam broiler, layer, ayam kampung super, bebek / itik, puyuh, merpati, kalkun).

Manfaat

Dengan komposisi yang lengkap, ROYAL POULTRY akan memberikan banyak manfaat untuk ternak bebek / itik:

Secara Umum:

  • Mempercepat pertumbuhan unggas.
  • Meningkatkan efisiensi penggunaan pakan (konversi pakan lebih baik) sehingga dapat menurunkan FCR.
  • Meningkatkan produktivitas unggas (unggas pedaging, unggas petelur)
  • Meningkatkan daya tahan terhadap penyakit dan stress lingkungan sehingga dapat menurunkan angka kematian.

Untuk Bibit Bebek / Itik atau DOD (Day old Duck):

  • Mempercepat pertumbuhan bibit
  • Meningkatkan daya tahan terhadap penyakit dan stress lingkungan sehingga dapat menurunkan angka kematian.

Untuk Induk Bebek / Itik:

  • Meningkatkan kualitas telur yang dihasilkan
  • Meningkatkan dan menjaga stabilitas produksi telur

Katalog produk peternakan dan info selengkapnya klik link berikut ROYAL POULTRY.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *