Ternak Bebek / Itik (15): Pakan Komersial vs Pakan Buatan Sendiri

Pakan merupakan salah satu faktor penting dalam menunjang keberhasilan peternakan bebek / itik. Pakan mengandung nutrisi yang diperlukan bebek / itik untuk mencapai produksi yang maksimal. Pada umumnya, pakan bebek / itik dapat berupa pakan produksi pabrik (pakan komersial) atau pakan buatan sendiri dengan cara mencampur berbagai bahan pakan sendiri.

Seperti pada kebanyakan peternakan unggas yang lain, pakan (khususnya yang menggunakan pakan komersial) menyita 70% dari total biaya produksi. Biaya pakan bisa menjadi beban yang berat apabila produksi telur yang dihasilkan di bawah 50%. Oleh karena itu, banyak peternak bebek / itik yang lebih sering menyusun pakan sendiri baik itu menggunakan bahan pakan lokal seluruhnya atau kombinasi antara bahan pakan lokal dengan konsentrat komersial. Tetapi, sebaiknya pada masa starter hingga bebek / itik berumur 2 minggu menggunakan pakan komersial karena kandungan nutrisi dalam pakan komersial sudah terjamin sesuai kebutuhan pada masa awal pertumbuhan bebek / itik. Setelah lewat masa itu, pakan komersial sudah dapat dicampur dengan bahan pakan lokal supaya dapat menghemat biaya produksi.

Beberapa bahan lokal yang dapat digunakan sebagai alternatif sesuai daerah masing-masing, misalnya:

Sumber protein:  keong air (kalambuai dan haliling), ikan asin, kepala udang/rese, remis, kupang, ikan laut, bungkil kedelai, keong air.

Sumber karbohidrat: jagung, dedak, dedak halus/bekatul, sagu, kebi (tepung beras poles), karak (nasi kering), geplek, pollard, roti afkir, keong air (juga sebagai sumber protein).


Info produk:

ROYAL POULTRY merupakan suplemen (supplement) unggas yang mengandung komposisi kompleks seperti mineralvitamin, antioksidan (antioxidant), asam organik (organic acids), enzim (plant based enzymes), nukleotida (nucleotides), mannan oligosaccharide (MOS), beta glucan, dan plant sterols. Formulasi ROYAL POULTRY yang tepat akan mengoptimalkan produksi, reproduksi, serta kesehatan unggas (ayam broiler, layer, ayam kampung super, bebek / itik, puyuh, merpati, kalkun).

Manfaat

Dengan komposisi yang lengkap, ROYAL POULTRY akan memberikan banyak manfaat untuk ternak bebek / itik:

Secara Umum:

  • Mempercepat pertumbuhan unggas.
  • Meningkatkan efisiensi penggunaan pakan (konversi pakan lebih baik) sehingga dapat menurunkan FCR.
  • Meningkatkan produktivitas unggas (unggas pedaging, unggas petelur)
  • Meningkatkan daya tahan terhadap penyakit dan stress lingkungan sehingga dapat menurunkan angka kematian.

Untuk Bibit Bebek / Itik atau DOD (Day old Duck):

  • Mempercepat pertumbuhan bibit
  • Meningkatkan daya tahan terhadap penyakit dan stress lingkungan sehingga dapat menurunkan angka kematian.

Untuk Induk Bebek / Itik:

  • Meningkatkan kualitas telur yang dihasilkan
  • Meningkatkan dan menjaga stabilitas produksi telur

Katalog produk peternakan dan info selengkapnya klik link berikut ROYAL POULTRY.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *