Ternak Bebek / Itik (16): Penyerapan Nutrisi pada Bebek / Itik

Kebutuhan nutrisi bebek / itik adalah jumlah zat makanan yang diperlukan bebek / itik untuk melakukan aktivitas hidupnya serta berproduksi. Tidak semua pakan yang dimakan itik semuanya diserap oleh tubuh, beberapa dibuang dalam bentuk kotoran, panas, dll. Penyerapan nutrisi atau besarnya jumlah pakan yang diserap (diabsorbsi) dan dikeluarkan bebek / itik dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kesehatan bebek / itik, jenis dan kualitas bahan pakan, serta waktu yang dibutuhkan untuk penyerapan nutrisi.

Sumber gambar: http://www.pertanianku.com/wp-content/uploads/2015/11/Itik-makan_FapetIPB_Tiwi_140113-11.jpg

1. Kesehatan bebek / itik

Kondisi kesehatan bebek / itik dapat dilihat dari tingkat konsumsi pakannya. Bebek / itik yang sehat memiliki nafsu makan yang tinggi, sedangkan bebek / itik yang sakit nafsu makannya turun sehingga asupan nutrisinya akan turun. Kesehatan bebek / itik, khususnya kesehatan saluran pencernaan, sangat mempengaruhi tingkat penyerapan nutrisi pada bebek / itik. Gangguan yang disebabkan oleh infestasi cacing dan infeksi bakteri dapat mengganggu penyerapan nutrisi melalui beberapa cara di antaranya:

– merusak jaringan dalam saluran pencernaan (misalnya vili usus),

– mengganggu fisiologis pencernaan,

– berkompetisi mendapatkan nutrisi (misal pada kasus cacingan)

– mikotoksin (racun yang disebabkan oleh jamur pada pakan) dapat merusak organ pencernaan dan mengganggu penyerapan nutrisi.

 

2. Jenis dan kualitas bahan pakan

Masing-masing jenis bahan pakan mempunyai daya cerna dan daya serap yang berbeda-beda. Beberapa poin yang perlu diketahui antara lain:

– Umumnya, daya serap bahan pakan yang berasal dari hewan lebih tinggi daripada bahan pakan yang berasal dari tumbuhan.

– Bentuk bahan pakan yang lebih halus lebih mudah diserap. Misalnya, tepung jagung atau jagung giling lebih mudah dicerna daripada jagung berbentuk butiran. Tepung ikan lebih mudah dicerna daripada ikan kering.

– Perlakuan terhadap pakan dapat mempengaruhi tingkat penyerapan nutrisi. Misalnya, bahan pakan yang dikukus (steam) atau digodok memiliki daya serap yang lebih tinggi daripada bahan pakan yang tidak dimasak terlebih dahulu.

 

3. Waktu yang digunakan untuk menyerap nutrisi

Bila waktu yang digunakan untuk mencerna serta menyerap nutrisi tidak cukup, penyerapan nutrisi menjadi tidak optimal. Hal ini bisa terjadi pada kasus bebek / itik diare, terkejut, atau tergesa-gesa ketika makan. Kondisi ini membuat aliran pakan dalam saluran pencernaan lebih cepat sehingga pencernaan dan penyerapan nutrisi menjadi tidak optimal.


Info produk:

ROYAL POULTRY merupakan suplemen (supplement) unggas yang mengandung komposisi kompleks seperti mineralvitamin, antioksidan (antioxidant), asam organik (organic acids), enzim (plant based enzymes), nukleotida (nucleotides), mannan oligosaccharide (MOS), beta glucan, dan plant sterols. Formulasi ROYAL POULTRY yang tepat akan mengoptimalkan produksi, reproduksi, serta kesehatan unggas (ayam broiler, layer, ayam kampung super, bebek / itik, puyuh, merpati, kalkun).

Manfaat

Dengan komposisi yang lengkap, ROYAL POULTRY akan memberikan banyak manfaat untuk ternak bebek / itik:

Secara Umum:

  • Mempercepat pertumbuhan unggas.
  • Meningkatkan efisiensi penggunaan pakan (konversi pakan lebih baik) sehingga dapat menurunkan FCR.
  • Meningkatkan produktivitas unggas (unggas pedaging, unggas petelur)
  • Meningkatkan daya tahan terhadap penyakit dan stress lingkungan sehingga dapat menurunkan angka kematian.

Untuk Bibit Bebek / Itik atau DOD (Day old Duck):

  • Mempercepat pertumbuhan bibit
  • Meningkatkan daya tahan terhadap penyakit dan stress lingkungan sehingga dapat menurunkan angka kematian.

Untuk Induk Bebek / Itik:

  • Meningkatkan kualitas telur yang dihasilkan
  • Meningkatkan dan menjaga stabilitas produksi telur

Katalog produk peternakan dan info selengkapnya klik link berikut ROYAL POULTRY.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *