Ternak Bebek / Itik (17): Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Nutrisi Bebek / Itik

Bebek / itik membutuhkan nutrisi untuk kelangsungan hidup dan untuk berproduksi. Nutrisi dalam pakan bebek / itik harus terpenuhi agar produktivitas ternak bebek / itik dapat maksimal. Kebutuhan bebek / itik akan nutrisi tidak sama antara satu dengan yang lainnya. Hal itu dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi kebutuhan nutrisi pada bebek / itik:

Sumber gambar: http://www.pertanianku.com/wp-content/uploads/2015/11/Itik-makan_FapetIPB_Tiwi_140113-11.jpg

 

1. Umur bebek / itik

Pada masa starter, anak bebek / itik membutuhkan pakan dengan kadar protein tinggi (20 – 22%) untuk menunjang perkembangan organ tubuh dan menjaga daya tahan tubuh dalam menyesuaikan diri dari keadaan lingkungan. Pada masa grower, kebutuhan protein turun (14 – 15%). Pada masa layer, kebutuhan protein naik (17 – 18%).

 

2. Konsumsi pakan

Jumlah pakan yang dikonsumsi bebek / itik akan berbeda sesuai:

– Perkembangan kapasitas tampung saluran pencernaan: kapasitas tamping saluran pencernaan bebek / itik yang akan semakin bertambah ketika semakin besar.

– Cuaca: pada kondisi cuaca yang panas atau terik, bebek / itik cenderung lebih banyak minum sehingga konsumsi pakan berkurang.

– Jenis dan kondisi bahan pakan: dedak yang agak kasar kurang disukai bebek / itik, bahan pakan yang berbau apek dapat mengurangi minat makan bebek / itik (atau menyebabkan tidak mau makan).

 

3. Aktivitas bebek / itik

Aktivitas bebek / itik yang lebih tinggi membutuhkan energi yang lebih banyak. Metode pemeliharaan bebek / itik juga mempengaruhi kebutuhan nutrisi bebek atau itik. Sebagai contoh, bebek / itik layer yang dipelihara dengan cara digembalakan membutuhkan nutrisi yang lebih banyak. Akibatnya, produksi telur bebek / itik yang dipelihara dengan cara digembalakan lebih rendah daripada yang dikandangkan.

 

4. Daya cerna pakan

Pakan dengan daya cerna yang lebih tinggi akan membuat konsumsi pakan lebih hemat dan efisien karena kebutuhan nutrisi bebek / itik lebih cepat tercukupi. Untuk itu, standar kandungan nutrisi harus sudah ditetapkan dengan menyesuaikan jumlah pemberian ransum dan masa pertumbuhan bebek / itik.


Info produk:

ROYAL POULTRY merupakan suplemen (supplement) unggas yang mengandung komposisi kompleks seperti mineralvitamin, antioksidan (antioxidant), asam organik (organic acids), enzim (plant based enzymes), nukleotida (nucleotides), mannan oligosaccharide (MOS), beta glucan, dan plant sterols. Formulasi ROYAL POULTRY yang tepat akan mengoptimalkan produksi, reproduksi, serta kesehatan unggas (ayam broiler, layer, ayam kampung super, bebek / itik, puyuh, merpati, kalkun).

Manfaat

Dengan komposisi yang lengkap, ROYAL POULTRY akan memberikan banyak manfaat untuk ternak bebek / itik:

Secara Umum:

  • Mempercepat pertumbuhan unggas.
  • Meningkatkan efisiensi penggunaan pakan (konversi pakan lebih baik) sehingga dapat menurunkan FCR.
  • Meningkatkan produktivitas unggas (unggas pedaging, unggas petelur)
  • Meningkatkan daya tahan terhadap penyakit dan stress lingkungan sehingga dapat menurunkan angka kematian.

Untuk Bibit Bebek / Itik atau DOD (Day old Duck):

  • Mempercepat pertumbuhan bibit
  • Meningkatkan daya tahan terhadap penyakit dan stress lingkungan sehingga dapat menurunkan angka kematian.

Untuk Induk Bebek / Itik:

  • Meningkatkan kualitas telur yang dihasilkan
  • Meningkatkan dan menjaga stabilitas produksi telur

Katalog produk peternakan dan info selengkapnya klik link berikut ROYAL POULTRY.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *