Ternak Bebek / Itik (2): Pemilihan Bibit

Bibit merupakan salah satu faktor paling penting dalam usaha peternakan, termasuk usaha ternak bebek atau itik. Kualitas bibit bebek atau itik menentukan performa perkembangan ternak bebek atau itik selama pemeliharaan. Untuk itu, pemilihan bibit mejadi salah satu faktor penting dalam keberhasilan usaha ternak bebek atai itik. Pemilihan bibit itik atau bebek juga menentukan keberhasilan tujuan pemeliharaan ternak bebek atau itik, apakah sebagai bebek atau itik pedaging atau petelur.

http://www.infoternak.com/wp-content/uploads/2010/10/dod-21.jpg

Bibit, manajemen pemeliharaan, dan pakan (nutrisi) merupakan kunci pokok keberhasilan sebuah peternakan, termasuk peternakan bebek / itik. Bibit di sini memegang salah satu peran kunci karena bibit membawa potensi genetik yang menentukan kualitas bebek / itik selama pemeliharaan. Misalnya, sebuah peternakan yang bertujuan utama bisnis telur bebek / itik, maka pemilihan bibit harus yang sesuai dengan tujuan tersebut seperti berasal dari induk yang memiliki tingkat produksi di atas rata-rata dan memiliki bentuk tubuh yang sesuai fungsinya sebagai bebek / itik petelur (tubuh langsing, berdiri tegak, tulang pelvis/tulang di bagian tempat keluarnya telur cukup lebar), dan sifat-sifat unggul lainnya. Begitu pula dengan bibit itik pedaging, harus dipilih dari induk yang memiliki sifat atau genetik pertumbuhan cepat dan berbobot badan besar.

Pemilihan bibit sebaiknya berasal dari proses seleksi induk yang dilaksanakan secara ketat karena proses seleksi induk berpengaruh besar terhadap kualitas bibit bebek / itik yang dihasilkan. Beberapa proses seleksi induk biasanya sampai pada generasi ke-4 di mana biasanya sudah didapatkan induk dengan tampilan seragam dan tingkat produksi tinggi sehingga nantinya akan menjadi penghasil anak bebek atau itik (DOD/day old duck) yang berkualitas. Seleksi produksi induk dilakukan pada kelompok melalui prinsip inbreeding yaitu perkawinan berikutnya dilakukan dari turunan dalam kelompok itu sendiri. Prinsip inbreeding dipakai karena memiliki beberapa keunggulan di antaranya dapat membuat individu mirip atau seragam, melestarikan sifat-sifat yang diinginkan, dan dapat dilakukan seleksi terhadap sifat genetik yang tidak diinginkan.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan bibit bebek atau itik. Peternak dapat memilih sesuai dengan sumber daya yang ada. Beberapa caranya yaitu:

1. Membuat bibit sendiri dengan cara memelihara indukan penghasil telur tetas,

2. Membeli telur tetas kemudian ditetaskan sendiri secara alami atau dengan mesin tetas,

3. Membeli anak bebek / itik atau biasa disebut DOD (day old duck), atau

4. Membeli bebek atau itik yang sudah lebih dewasa yang siap berproduksi


Info produk:

ROYAL POULTRY merupakan suplemen (supplement) unggas yang mengandung komposisi kompleks seperti mineral, vitamin, antioksidan (antioxidant), asam organik (organic acids), enzim (plant based enzymes), nukleotida (nucleotides), mannan oligosaccharide (MOS), beta glucan, dan plant sterols. Formulasi ROYAL POULTRY yang tepat akan mengoptimalkan produksi, reproduksi, serta kesehatan unggas (ayam broiler, layer, ayam kampung super, bebek / itik, puyuh, merpati, kalkun).

Manfaat

Dengan komposisi yang lengkap, ROYAL POULTRY akan memberikan banyak manfaat untuk ternak bebek / itik:

Secara Umum:

  • Mempercepat pertumbuhan unggas.
  • Meningkatkan efisiensi penggunaan pakan (konversi pakan lebih baik) sehingga dapat menurunkan FCR.
  • Meningkatkan produktivitas unggas (unggas pedaging, unggas petelur)
  • Meningkatkan daya tahan terhadap penyakit dan stress lingkungan sehingga dapat menurunkan angka kematian.

Untuk Bibit Bebek / Itik atau DOD (Day old Duck):

  • Mempercepat pertumbuhan bibit
  • Meningkatkan daya tahan terhadap penyakit dan stress lingkungan sehingga dapat menurunkan angka kematian.

Untuk Induk Bebek / Itik:

  • Meningkatkan kualitas telur yang dihasilkan
  • Meningkatkan dan menjaga stabilitas produksi telur

Katalog produk peternakan dan info selengkapnya klik link berikut ROYAL POULTRY.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *