Ternak Bebek / Itik (3): Seleksi Induk untuk Bibit

Membuat bibit bebek / itik sendiri merupakan cara yang ideal untuk mendapatkan bibit karena peternak bisa mengetahui riwayat bibit yang dihasilkan mulai dari induk yang digunakan, manajemen indukan yang dilakukan, pakan, penyakit, dan sebagainya.

http://www.newagegod.com/healthark/emedia/ducklingscrossing.jpg

Seleksi induk yang akan digunakan dalam proses pembuatan bibit bebek / itik harus memenuhi beberapa kriteria agar dapat dihasilkan bibit bebek / itik yang berkualitas. Hal pertama yang harus dilakukan untuk memulai pembibitan adalah memilih induk pejantan dan betina unggul yang sudah diketahui kualitasnya.

Beberapa persyaratan umum yang perlu diperhatikan dalam memilih induk pejantan maupun betina bebek atau itik adalah sebagai berikut:

1. Sehat dan bebas penyakit

2. Normal (tidak ada cacat fisik), berdiri tegap dan kokoh

3. Penampilan bagus (bulu mengkilap, warna bulu, kaki, paruh khas) sesuai dengan ciri khas masing-masing itik

4. Memiliki sifat-sifat unggul (agak liar, peka, mudah kaget)

 

Khusus bebek / itik pejantan:

1. Berat badan umur 20 minggu 1,6 kg dan umur 40 minggu 1,8 kg

2. Sifat-sifat birahi harus tampak, seperti suka mengawini

3. Pertumbuhan organ kelamin yang tampak harus sempurna seperti penis sempurna dan terlihat menonjol dari kloaka

 

Khusus bebek / itik betina:

1. Berat badan ketika umur 20 minggu 1,4 kg dan ummur 40 minggu 1,6 kg

2. Kaki kuat, lincah, serta sayap mengatup simetris dan rapat dengan tubuh dan tidak bergerak ketika berjalan

3. Kepala bersih dan segar dengan perbandingan antara kepala  dan leher cukup sempurna

4. Bagian perut dan tulang pinggul terasa dalam dan penuh bila diraba

5. Perut tidak menyentuh tanah yang menandakan bahwa itik produktif

6. Tulang pelvis (tulang di bagian tempat keluarnya telur) cukup lebar

 

Seleksi induk bebek / itik petelur

Umumnya, tipe bebek / itik petelur bertubuh langsing dan berdiri tegak. Dalam pemilihan induk bebek / itik petelur, proses penyeleksian induk lebih diarahkan pada seleksi produksi telur. Seleksi terutama ditujukan pada induk yang memilki tingkat produksi di atas rata-rata. Proses seleksi ini dilakukan terus-menerus dari generasi ke genenasi sampai memperoleh turunan induk yang mempunyai keseragaman produksi telur tinggi. Bila proses seleksi induk dilaksanakan secara ketat, biasanya pada generasi ke-4 sudah didapatkan induk dengan tampilan seragam dan tingkat produksi tinggi sehingga nantinya akan menjadi penghasil anak bebek atau itik (DOD/day old duck) yang berkualitas. Seleksi produksi induk dilakukan pada kelompok melalui prinsip inbreeding yaitu perkawinan berikutnya dilakukan dari turunan dalam kelompok itu sendiri.

 

Seleksi induk bebek / itik pedaging

Pembibitan bebek atau itik pedaging bertujuan untuk mendapatkan bebek / itik dengan produksi daging yang tinggi. Oleh karena itu, seleksi induk lebih ditekankan pada jenis itik yang memiliki pertumbuhan cepat dan berbobot badan besar. Proses penyeleksian induk bebek / itik pedaging pada dasarnya sama dengan proses seleksi pada bebek atau itik petelur.

 

Seleksi induk persilangan

Tujuan dari bebek / itik silangan ini adalah untuk mendapatkan bibit bebek atau itik dengan kualitas unggul. Contoh bebek / itik silangan:

1. Bebek / itik mojosari jantan disilangkan dengan bebek / itik alabio betina menghasilkan bibit yang memiliki pertumbuhan lebih cepat dengan produksi telur yang lebih tinggi daripada kedua induknya. Hasil silangan ini termasuk bebek atau itik dwiguna karena selain dijadikan sebagai itik pedaging juga dapat dijadikan sebagai itik petelur. Hasil turunan seperti ini disebut dengan bebek / itik hibrida.

2. Tiktok (itik entok) atau serati yang merupakan hasil persilangan antara itik / bebek dengan entok (Muscovy duck). Persilangan antara pejantan bebek / itik dengan betina entok akan menghasilkan serati jantan yang besar seperti entok dan serati betina yang kecil seperti itik dengan produksi telur tetas yang terbatas. Namun, bila persilangan dibalik yaitu pejantan entok dengan betina bebek/itik akan dihasilkan serati jantan dan betina yang ukurannya hampir sama besar (seperti entok) serta telur tetas yang dapat diproduksi dalam jumlah banyak. Hanya saja, dalam menghasilkan tiktok atau serati ini masih banyak kendala dalam teknik pengawinannya baik secara alami maupun buatan.  Contoh kendala dalam perkawinan alami adalah entok jantan yang ukurannya lebih besar daripada bebek / itik betina sehingga proses perkawinan menjadi sulit. Sementara itu, persilangan secara buatan atau kawin suntik (inseminasi buatan/artificial insemination) yang dilakukan di daerah panas hasilnya kurang baik (daya tetas hanya sekitar 10%).


Info produk:

ROYAL POULTRY merupakan suplemen (supplement) unggas yang mengandung komposisi kompleks seperti mineralvitamin, antioksidan (antioxidant), asam organik (organic acids), enzim (plant based enzymes), nukleotida (nucleotides), mannan oligosaccharide (MOS), beta glucan, dan plant sterols. Formulasi ROYAL POULTRY yang tepat akan mengoptimalkan produksi, reproduksi, serta kesehatan unggas (ayam broiler, layer, ayam kampung super, bebek / itik, puyuh, merpati, kalkun).

Manfaat

Dengan komposisi yang lengkap, ROYAL POULTRY akan memberikan banyak manfaat untuk ternak bebek / itik:

Secara Umum:

  • Mempercepat pertumbuhan unggas.
  • Meningkatkan efisiensi penggunaan pakan (konversi pakan lebih baik) sehingga dapat menurunkan FCR.
  • Meningkatkan produktivitas unggas (unggas pedaging, unggas petelur)
  • Meningkatkan daya tahan terhadap penyakit dan stress lingkungan sehingga dapat menurunkan angka kematian.

Untuk Bibit Bebek / Itik atau DOD (Day old Duck):

  • Mempercepat pertumbuhan bibit
  • Meningkatkan daya tahan terhadap penyakit dan stress lingkungan sehingga dapat menurunkan angka kematian.

Untuk Induk Bebek / Itik:

  • Meningkatkan kualitas telur yang dihasilkan
  • Meningkatkan dan menjaga stabilitas produksi telur

Katalog produk peternakan dan info selengkapnya klik link berikut ROYAL POULTRY.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *