Ternak Bebek / Itik (5): Tipe Mesin Tetas

Mesin tetas untuk telur telur bebek / itik pada prinsipnya sama dengan mesin tetas telur ayam dan telur unggas yang lain, bedanya telur itik memerlukan kelembaban yang lebih tinggi dan waktu yang lebih lama yaitu rata-rata 28 hari.

Mesin tetas yang digunakan dapat digolongkan menjadi mesin tetas sederhana/manual, mesin tetas semi otomatis, dan mesin tetas otomatis.

1. Mesin Tetas Manual / Sederhana

Pada mesin tetas manual, pemanas menggunakan lampu lstrik atau lampu minyak. Proses pembalikan telur dilakukan secara manual. Kontrol terhadap suhu dilakukan dengan mengatur besar kecilnya nyala api atau menghidup-matikan lampu. Kontrol kelembaban dilakukan dengan menyemprotkan air hangat.

Sumber gambar: https://teamtouring.net/wp-content/uploads/2010/03/Alat-Pemanas-Mesin-Tetas.jpg

Sumber gambar: http://1.bp.blogspot.com/-Cp3XE6esGIA/Ua_p77hcCpI/AAAAAAAAAps/tpPDG5c_1VA/s1600/7257_512133502155743_1937107742_n.jpg

Sumber gambar: http://4.bp.blogspot.com/_OZ3ymQchrc4/TLBlruRcCaI/AAAAAAAAANA/hJCTR_pIW9s/s1600/PIC_2775_resize.JPG

 

2. Mesin Tetas Semi Otomatis

Pada mesin tetas semi otomatis biasanya sudah ada pengontrol suhu misalnya thermostat. Prinsip kerja thermostat adalah bila suhu sudah mencapai batasan yang ditentukan, sistem akan mematikan saklar lampu sehingga lampu akan mati dan suhu akan turun. Ketika suhu turun sampai batas yang ditentukan saklar akan dihidupkan lagi sehingga lampu akan hidup dan suhu akan naik lagi dan begitu seterusnya.

Gambar: Mesin tetas semi otomatis

Gambar: Thermostat

 

3. Mesin Tetas Otomatis

Pada mesin tetas otomatis, semua kerja dalam mesin tetas sudah diatur secara otomatis, mulai dari pengaturan suhu, kelembaban, hingga pembalikan telur. Pada mesin tetas otomatis yang berkapasitas besar, biasanya kerja mesin dibagi menjadi dua yaitu mesin pengeram (setter) dan mesin penetas (hatcher). Biasanya mesin pengeraman (setter) berkapasitas 5 kali mesin penetas (hatcher). Telur berada di mesin pengeram (setter) sampai pada hari ke-25. Selanjutnya, telur dipindahkan ke mesin penetas (hatcher) sampai telur menetas. Kemudian anak itik/bebek atau DOD dikeluarkan dari mesin. Saat pemindahan dari mesin setter ke hatcher, biasanya sekaligus dilakukan candling untuk mengetahui mana telur di dalamnya tumbuh embrio dan mana yang tidak. Telur yang didalamnya tumbuh embrio akan dimasukkan dalam mesin hatcher, sedangkan yang tidak tumbuh embrio atau rusak akan dibuang. Setelah digunakan, kondisi mesin pengeram (setter) akan tetap bersih sehingga bisa langsung digunakan untuk proses pengeraman telur selanjutnya. Tetapi, mesin penetas (hatcher) tidak dapat langsung digunakan karena wadah telur biasanya kotor oleh cangkang telur dan sisa-sisa telur yang menetas sehingga perlu dibersihkan dan disterilkan terlebih dahulu.

Gambar: Mesin setter

Gambar: Candling

Gambar: Mesin hatcher

Info produk:

ROYAL POULTRY merupakan suplemen (supplement) unggas yang mengandung komposisi kompleks seperti mineralvitamin, antioksidan (antioxidant), asam organik (organic acids), enzim (plant based enzymes), nukleotida (nucleotides), mannan oligosaccharide (MOS), beta glucan, dan plant sterols. Formulasi ROYAL POULTRY yang tepat akan mengoptimalkan produksi, reproduksi, serta kesehatan unggas (ayam broiler, layer, ayam kampung super, bebek / itik, puyuh, merpati, kalkun).

Manfaat

Dengan komposisi yang lengkap, ROYAL POULTRY akan memberikan banyak manfaat untuk ternak bebek / itik:

Secara Umum:

  • Mempercepat pertumbuhan unggas.
  • Meningkatkan efisiensi penggunaan pakan (konversi pakan lebih baik) sehingga dapat menurunkan FCR.
  • Meningkatkan produktivitas unggas (unggas pedaging, unggas petelur)
  • Meningkatkan daya tahan terhadap penyakit dan stress lingkungan sehingga dapat menurunkan angka kematian.

Untuk Bibit Bebek / Itik atau DOD (Day old Duck):

  • Mempercepat pertumbuhan bibit
  • Meningkatkan daya tahan terhadap penyakit dan stress lingkungan sehingga dapat menurunkan angka kematian.

Untuk Induk Bebek / Itik:

  • Meningkatkan kualitas telur yang dihasilkan
  • Meningkatkan dan menjaga stabilitas produksi telur

Katalog produk peternakan dan info selengkapnya klik link berikut ROYAL POULTRY.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *