Ternak Bebek / Itik (7): Penetasan Telur Bebek / Itik dengan Bantuan Hewan Lain

Bebek atau itik merupakan salah satu ungags penghasil telur yang baik. Produksi telur bebek / itik dapat mencapai 200 butir/ekor/tahun. Masalahnya, jenis itik yang banyak dipelihara sekarang sebagian besar tidak mau mengerami telurnya, berbeda dengan nenek moyangnya yang ada di alam liar. Untuk itu, harus ada bantuan untuk menetaskan telur bebek / itik. Pada artikel ini kami tuliskan alternatif menetaskan telur bebek / itik dengan bantuan hewan lain yaitu ayam dan entok (itik manila).

Sumber gambar: http://4.bp.blogspot.com/-QGSaQDUa8uk/UJP4S6j_qmI/AAAAAAAAEvI/MqO74JdYKhw/s1600/ayam-dan-anak-bebek.jpg

1. Menetaskan telur bebek / itik dengan bantuan entok atau itik manila

Menetaskan telur bebek / itik bisa menggunakan jasa entok / itik manila / Muscovy duck karena naluri keibuannya yang baik. Caranya dengan menyiapkan kotak pengeraman yang dialasi dengan jerami, serbuk gergaji, atau rumput kering kemudian telur bebek dititipkan pada entok / itik manila yang sedang mengeram. Yang perlu diperhatikan adalah entok mempunyai sifat “ngambek” kalau tau telurnya diganggu. Untuk itu, hati-hati saat akan menambahkan telur bebek / itik ke dalam sarang entok. Telur bisa dimasukkan saat entok sedang keluar mencari makan atau saat malam hari. Telur entok biasanya akan menetas sekitar 35 hari, sedangkan telur bebek / itik akan menetas sekitar 28 hari.

Sumber gambar: http://4.bp.blogspot.com/-tDK9Tm9cgrE/VVelpwlRCsI/AAAAAAAAAds/BvId1msZZcc/s1600/tempat%2Bbertelur%2Bentok.jpg

 

2. Menetaskan telur bebek / itik dengan bantuan ayam kampung

Menetaskan telur bebek / itik dengan bantuan ayam kampong yaitu dengan cara mengganti telur ayam kampung yang sedang dierami dengan telur itik atau dengan menitipkan telur bebek / itik pada ayam kampung yang sedang mengeram tersebut. Seekor induk ayam kampung mampu mengerami telur sampai 15-20 butir tergantung besar-kecilnya induk dan tempat bersarang. Yang perlu diperhatikan juga bahwa jangan sampai membuat induk ayam yang sedang mengeram menjadi stres saat mengganti atau menambahkan telur ke dalam sarangnya.

Sumber gambar: http://3.bp.blogspot.com/-tqM8E_Y0Qzs/VKAeVC5RELI/AAAAAAAAA8s/MKX7opKA150/s1600/SAM_9086.JPG

Jika semua yang dierami oleh induk ayam kampung semuanya telur bebek / itik biasanya tidak jadi masalah karena waktu menetasnya hampir bersamaan. Yang jadi sedikit masalah adalah jika yang dierami induk ayam kampung adalah campuran telur ayam dan telur bebek / itik yang masa menetasnya tidak sama. Perlu diingat bahwa telur ayam akan menetas sekitar 21 hari dan telur bebek / itik akan menetas sekitar 28 hari, jadi ada selisih 7 hari. Untuk itu, jika telur ayam sudah menetas, anak ayam untuk sementara dipindah pada kandang tersendiri sementara induk akan melanjutkan mengeram telur bebek / itik. Cara yang lain walaupun agak repot yaitu telur bebek / itik yang dititipkan pada induk ayam kampung sebelumnya sudah dierami selama sekitar 7 hari bisa dengan mesin tetas atau dierami oleh induk yang lain agar waktu menetasnya bisa bersamaan dengan telur ayam. Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai kita membuat stress ayam dengan usaha kita mengganti telurnya.


Info produk:

ROYAL POULTRY merupakan suplemen (supplement) unggas yang mengandung komposisi kompleks seperti mineralvitamin, antioksidan (antioxidant), asam organik (organic acids), enzim (plant based enzymes), nukleotida (nucleotides), mannan oligosaccharide (MOS), beta glucan, dan plant sterols. Formulasi ROYAL POULTRY yang tepat akan mengoptimalkan produksi, reproduksi, serta kesehatan unggas (ayam broiler, layer, ayam kampung super, bebek / itik, puyuh, merpati, kalkun).

Manfaat

Dengan komposisi yang lengkap, ROYAL POULTRY akan memberikan banyak manfaat untuk ternak bebek / itik:

Secara Umum:

  • Mempercepat pertumbuhan unggas.
  • Meningkatkan efisiensi penggunaan pakan (konversi pakan lebih baik) sehingga dapat menurunkan FCR.
  • Meningkatkan produktivitas unggas (unggas pedaging, unggas petelur)
  • Meningkatkan daya tahan terhadap penyakit dan stress lingkungan sehingga dapat menurunkan angka kematian.

Untuk Bibit Bebek / Itik atau DOD (Day old Duck):

  • Mempercepat pertumbuhan bibit
  • Meningkatkan daya tahan terhadap penyakit dan stress lingkungan sehingga dapat menurunkan angka kematian.

Untuk Induk Bebek / Itik:

  • Meningkatkan kualitas telur yang dihasilkan
  • Meningkatkan dan menjaga stabilitas produksi telur

Katalog produk peternakan dan info selengkapnya klik link berikut ROYAL POULTRY.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *