Ternak Bebek / Itik (9): Membeli Bibit Bebek / Itik

Mendapatkan bibit bebek / itik yang berkualitas merupakan salah satu syarat  keberhasilan beternak bebek / itik. Untuk mendapatkan bibit bebek / itik dapat dilakukan dengan beberapa macam cara seperti menetaskan telur bebek / itik sendiri, membeli bibit dalam bentuk bebek yang baru menetas (DOD/day old duck), dalam bentuk bebek remaja, dan membeli bebek setelah masa bertelur pertama.

Mendapatkan bibit bebek / itik dengan cara menetaskan telur bebek / itik sendiri sudah pernah dibahas dalam artikel sebelumnya, klik di sini. Untuk mendapatkan bibit bebek / itik dengan cara membeli bibit akan disampaikan dalam artikel ini.

Dalam memilih bibit bebek / itik yang akan dibeli, peternak harus cermat dan hati-hati agar benar-benar mendapatkan bibit yang berkualitas. Oleh karelna itu, sebaiknya bibit bebek / itik dibeli dari penyedia bibit (breeding farm) yang sudah mendapat rekomendasi dari dinas yang membidangi peternakan setempat atau membeli dari penyedia bibit bebek / itik yang telah dipercaya memiliki kualitas bibit yang unggul.

1. Membeli DOD (day old duck)

Mengingat di Indonesia sekarang pengelolaan pembibitan itik belum sebesar dan secanggih ayam ras (broiler, layer), kualitas bibit pun belum semuanya dapat dikatakan memiliki kualitas unggul. Untuk itu, agar dapat diperoleh bibit bebek / itik dengan kualitas yang baik, diperlukan seleksi DOD secara ketat dari penetas yang telah terbukti menyediakan bibit berkualitas baik dari induk yang unggul. Beberapa ciri DOD yang baik adalah:

– Sehat, tidak cacat

– Bulu bersih dan mengkilap

– Mata bersih, bersinar, dan terlihat seperti mata katak (bebek / itik yang seperti ini dipercaya memiliki produktivitas telur yang tinggi)

– Ukuran kepala, leher, badan, dan kaki proporsional

– Kloaka/dubur bersih dan tidak ada kotoran yang melekat

– Aktif dan lincah (menandakan DOD memiliki minat makan yang tinggi)

– Rajin mengeluarkan suara

 

Pemilihan DOD Jantan dan Betina

Pemilihan DOD jantan dan betina biasanya tergantung dari tujuan pemeliharaan bebek / itik. Untuk itik petelur biasanya dipilih DOD betina, sedangkan untuk membudidayakan itik pejantan atau itik pedaging dipilih DOD jantan. Untuk itu, diperlukan pengetahuan bagaimana cara membedakan antara DOD jantan dan DOD betina.

 

Bagian Tubuh DOD Jantan DOD Betina
Kloaka Jika kloaka DOD ditekan pada bagian yang lunak, pada DOD jantan akan terlihat organ phallus yang berbentuk seperti spiral yang merupakan organ reproduksi Tidak memiliki organ phallus (penis pada unggas)
Suara Lebih berat Lebih nyaring dan bersih
Bulu Lebih kasar Lebih lembut
Bulu (pada itik hibrida) Hitam Cokelat
Paruh (itik lokal) Hitam pekat Hitam keabu-abuan
Mata Relatif besar Relatif kecil

Pembibit yang telah berpengalaman dapat membedakan jenis kelamin DOD dengan mlihat ondisi bulu dan bentuk muka. Kondisi bulu pada DOD jantan lebih kasar, sedangkan DOD betina berbulu lebih lembut.

 

2. Membeli bebek / itik remaja

Mendapatkan bibit bebek / itik dengan membeli bibit remaja banyak dipilih peternak bebek / itik karena pemeliharaan bebek / itik remaja dianggap lebih mudah dan memiliki resiko kematian yang lebih rendah dibandingkan memelihara sejak DOD. Beberapa kriteria bebek / itik remaja yang baik yaitu:

– Sehat, tidak cacat

– Mata bersih dan bersinar

– Paruh simetris dan relatif panjang

– Tubuh proporsional dan pada bagian dada tampak meruncing

– Minat makan tinggi

Perlakuan setelah bebek / itik remaja masuk kandang:

– Perlakuan yang diberikan terhadap bebek / itik masih tetap sama seperti pada  bebek / itik grower sampai menunjukkan tanda mulai bertelur

– Segera diberi obat cacing agar alat pencernaan itik terbebas dari cacing. Hal itu karena tidak diketahui bagaimana keadaan bebek / itik tersebut di tempat penjualnya. Pemberian obat cacing selanjutnya dilakukan secara rutin sesuai aturan.

 

3. Membeli bebek / itik setelah masa bertelur pertama

Membeli bebek / itik setelah bertelur pertama dapat diperoleh dari peternak yang menjual ternak bebek / itik yang masih dalam kondisi baik. Biasanya bebek seperti ini dijual dengan harga afkir. Walaupun telah melewati masa bertelur pertama, biasanya bebek / itik masih memiliki penampilan yang layak untuk diusahakan pada masa bertelur kedua. Seleksi terhadap bebek / itik ini dapat dilihat dari kondisi kaki, bulu, dan bentuk tubuh yang ideal untuk itik petelur yang baik. Seleksi bebek / itik afkir perlu dilakukan secara ketat untuk memperoleh bebek dengan kriteria yang sama seperti pada seleksi bebek remaja.

Perlakuan setelah bebek / itik setelah masa bertelur pertama masuk kandang:

– Untuk perlakuan pakan, bila kondisi bulu lengkap, perlakuan bisa disamakan dengan itik grower.

– Apabila bulu sudah mulai rontok, perlakuan pakan bisa disamakan dengan pemeliharaan itik pada masa rontok bulu.

– Pemberian obat cacing harus segera dilakukan agar bebek / itik bebas dari infestasi cacing. Pemberian obat cacing dilakukan setiap bulan. Pemberian obat cacing selanjutnya dilakukan secara rutin sesuai aturan.


Info produk:

ROYAL POULTRY merupakan suplemen (supplement) unggas yang mengandung komposisi kompleks seperti mineralvitamin, antioksidan (antioxidant), asam organik (organic acids), enzim (plant based enzymes), nukleotida (nucleotides), mannan oligosaccharide (MOS), beta glucan, dan plant sterols. Formulasi ROYAL POULTRY yang tepat akan mengoptimalkan produksi, reproduksi, serta kesehatan unggas (ayam broiler, layer, ayam kampung super, bebek / itik, puyuh, merpati, kalkun).

Manfaat

Dengan komposisi yang lengkap, ROYAL POULTRY akan memberikan banyak manfaat untuk ternak bebek / itik:

Secara Umum:

  • Mempercepat pertumbuhan unggas.
  • Meningkatkan efisiensi penggunaan pakan (konversi pakan lebih baik) sehingga dapat menurunkan FCR.
  • Meningkatkan produktivitas unggas (unggas pedaging, unggas petelur)
  • Meningkatkan daya tahan terhadap penyakit dan stress lingkungan sehingga dapat menurunkan angka kematian.

Untuk Bibit Bebek / Itik atau DOD (Day old Duck):

  • Mempercepat pertumbuhan bibit
  • Meningkatkan daya tahan terhadap penyakit dan stress lingkungan sehingga dapat menurunkan angka kematian.

Untuk Induk Bebek / Itik:

  • Meningkatkan kualitas telur yang dihasilkan
  • Meningkatkan dan menjaga stabilitas produksi telur

Katalog produk peternakan dan info selengkapnya klik link berikut ROYAL POULTRY.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *