Ternak Bebek / Itik (1): Pendahuluan

Bebek atau itik merupakan salah satu jenis hewan ternak asli Indonesia. Dari https://id.wikipedia.org/wiki/Bebek disebutkan bahwa bebek atau itik adalah nama umum untuk beberapa spesies burung dalam famili Anatidae. Bebek umumnya adalah burung akuatik yang sebagian besar berukuran lebih kecil dibandingkan kerabatnya, angsa dan angsa berleher pendek, dan dapat ditemukan pada perairan air tawar maupun air laut.

http://duniaternak.com/wp-content/uploads/ternakitik-600x300.jpg

Di Indonesia, terdapat banyak sekali jenis itik atau bebek yang tersebar di beberapa daerah di antaranya itik Mojosari, Bali, Tegal, Alabio, dan jenis-jenis yang lain. Masing-masing dari jenis itik atau bebek ini memiliki karakteristik yang khas, misalnya itik Mojosari yang mempunyai kemampuan bertelur yang baik digunakan sebagai bebek petelur. Sementara itik yang pertumbuhannya cepat biasanya digunakan sebagai itik pedaging. Dari banyaknya keragaman jenis bebek / itik asli Indonesia ini, masyarakat dapat memilih mana yang cocok untuk tujuan usahanya.

Dibandingkan dengan jenis unggas yang lain seperti ayam dan puyuh, bebek memiliki banyak kelebihan. Kemampuan adaptasi bebek dapat dibilang paling baik dibanding jenis ungags yang lain. Bentuk anatomi tubuh bebek yang khas, membuat bebek dapat hidup di tempat kering, lembab, basah, maupun berair. Daya tahan tubuh terhadap stres dan penyakit pada bebek sangat bagus. Dibandingkan dengan jenis unggas yang lain seperti ayam buras, puyuh, apalagi ayam ras (broiler, layer), bebek / itik lebih tahan terhadap lingkungan yang kurang bersahabat. Produk hasil peternakan bebek atau itik juga memiliki harga yang lebih tinggi daripada produk dari peternakan unggas lain. Sudah diketahui secara umum bahwa harga daging dan telur bebek / itik jika dibandingkan dengan  harga daging dan telur ayam atau puyuh. Dari segi rasa, banyak orang yang menilai rasanya lebih enak dank has. Selain itu, dari khasiatnya, banyak orang percaya daging dan telur bebek / itik lebih baik apakah itu untuk jamu atau menu masakan yang lain.

Belum adanya pengelolaan manajemen itik atau bebek yang terintegrasi dan modern, membuat peternakan dari jenis itik atau bebek ini kurang berkembang dengan pesat. Kebanyakan masih bersifat terkantong-kantong di beberapa daerah tertentu. Bisa dibandingkan dengan peternakan ayam khususnya ayam ras (broiler dan layer), terlihat perbedaan yang mencolok. Pada industri peternakan ayam ras, semua hal yang terkait dari hulu sampai hilir sudah ada pos-posnya masing-masing. Misalnya pakan, bibit, obat, suplemen di hulu sudah ada pabriknya sendiri. Di hilir seperti pengolahan pasca panen juga sudah ada bagiannya sendiri. Apalagi dengan banyaknya kemitraan, petumbuhan peternakan ayam ras dapat berkembang sangat cepat.

Masih bersifat terlokalisasinya peternakan itik atau bebek membuat sektor peternakan itik atau bebek kurang terlihat “keren” jika dibandingkan dengan peternakan ayam ras. Tetapi, itu tidak berarti peternakan itik atau bebek tidak menjanjikan. Hanya butuh manajemen yang lebih modern dan terintegrasi agar peternakan bebek dapat berkembang dengan pesat.


Info produk:

ROYAL POULTRY merupakan suplemen (supplement) unggas yang mengandung komposisi kompleks seperti mineralvitamin, antioksidan (antioxidant), asam organik (organic acids), enzim (plant based enzymes), nukleotida (nucleotides), mannan oligosaccharide (MOS), beta glucan, dan plant sterols. Formulasi ROYAL POULTRY yang tepat akan mengoptimalkan produksi, reproduksi, serta kesehatan unggas (ayam broiler, layer, ayam kampung super, bebek / itik, puyuh, merpati, kalkun).

Manfaat

  • Mempercepat pertumbuhan unggas.
  • Meningkatkan efisiensi penggunaan pakan (konversi pakan lebih baik) sehingga dapat menurunkan FCR.
  • Meningkatkan produktivitas unggas (unggas pedaging, unggas petelur)
  • Meningkatkan daya tahan terhadap penyakit dan stress lingkungan sehingga dapat menurunkan angka kematian.

Katalog produk peternakan dan info selengkapnya klik link berikut ROYAL POULTRY.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *